Sabtu, 07 Januari 2012

TIPS AMAN BERJALAN-JALAN DENGAN ANAK DI MALL


Jalan-jalan ke mall pasti menyenangkan. Tetapi perlu waspada karena banyak ancaman-ancaman yang bias membahayakan si Kecil. Misalnya escalator atau pajangan toko. Pastikan buah hati tetap aman selama di mall dengan membaca tips-tips ini :
1.      Jaga anak agar selalu berada disisi kita selama belanja.
Selalu tekankan pada anak untuk tidak pernah berpergian sendiri tanpa orang tuanya. Kalau orang tua sedang mengerjakan sesuatu dia harus tetap berada dekat-dekat. Mungkin lebih sulit melakukan pengawasan apabila membawa lebih dari satu anak.
2.      Jangan izinkan anak bermain-main sekitar manekin atau pajangan.
Pajangan ini yang biasanya berukuran besar bisa jatuh dan menimpa dirinya.
3.      Pegang erat tangan anak selama dieskalator.
Beri paduan jelas kepadanya untuk berdiri tegak dan menghadap kedepan. Pastikan jari-jari, pakaian atau sepatu anak tidak berada dekat dengan bagian yang bisa menyangkut.
Untuk mengantisipasi kejadian anak terpisah lakukan hal-hal ini :
a.       Ajarkan anak untuk mengenal nama lengkapnya.
Katakan pada anak bahwa jika terpisah dia segera mencari satpam atau penjaga toko. Sesudah itu dia bias memberitahukan informasi-informasi tadi.
b.      Perkenalkan seperti apa sosok satpam atau penjaga toko.
Kita bisa mengatakan,”Yang bajunya seperti itu lho, nak” sambil menunjuk seorang satpam. Dengan demikian dia tau kepada siapa harus mencari pertolongan.
c.       Buatlah semacam kartu identitas untuknya.
Tulisannya harus cukup tebal dan besar untuk dibaca. Sesudah itu lapisi kartu dengan plastic laminasi dan masukkan dalam kantong pakaiannya sebelum bepergian.
d.      Mengajarkan kepada anak untuk tidak mau diajak bicara oleh orang asing.
Kecuali dia memang membutuhkan bantuan dari sosok satpam atau penjaga toko tadi.
e.       Tekankan kepada anak untuk tetap diam ditempat.
Kemungkinan anak ditemukan lebih besar dengan cara ini daripada kalau dia bergerak kesana sini. Jelaskan kepada anak apabila dia terpisah orang tua akan segera mencarinya sehingga sebaiknya dia memang tetap dia disuatu tempat saja.
f.       Selalu hafalkan apa yang dipakai pada anak hari itu.
Pakaiannya, sepatunya, tasnya, aksesorisnya dan lain-lain. Ini berguna untuk memudahkan pencarian. Kalau akan bepergian ketempat ramai anda bisa memakaikan baju dengan warna warni terang pada anak sehingga terlihat mencolok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar