Sabtu, 07 Januari 2012

JURUS JITU USIR BOSAN DIKANTOR


Rasa bosan dikantor bias disebabkan karena jenuh terhadap tugas dan tanggung jawab (pekerjaan) ataupun karena lingkungan tempat kita bekerja. Untuk mengatasinya kejenuhan ini psikoloh Upik Nuri Budi Sulistyorini, Psi membagi beberapa tips :
1.      Gali tugas-tugas lebih dalam lagi.
Mungkin ada hal-hal –yang belum anda perhatikan.
2.      Buatlah variasi dari pekerjaan anda.
Misalkan anda seorang penulis minta izin pada atasan untuk menulis sesuatu yang berbeda dari yang biasa ditulis.
3.      Buat pekerjaan menjadi lebih menarik.
Jika anda seorang pegawai administrasi buatlah susunan dokumen menjadi lebih menarik dengan member warna yang cantik atau memberi pembatas dengan hiasan-hiasan.
4.      Minta kepada atasan unttuk mengerjakan diluar rutinitas.
5.      Ajukan cuti sejenak.
Sewaktu cuti coba lakukan yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Manfaatkan saat istirahat ini semaksimal mungkin.

Dengan mengubah cara pandang kita bias mendapat hal-hal baru yang kemudian akan mengusir kejenuhan. Selain itu psikolog Upik Nuri Budi Sulistyorini Psi mempunyai jurus-jurus lain untuk menghalau rasa bosan jauh-jauh yaitu :
a.       Ingat tujuan.
Ingatlah tujuan anda bekerja. Pikirkanlah apa jadinya andai anda rasa bosan dibiarkan hidup. Produktivitas terganggu dan posisi terancam. Jika sampai kehilangan pekerjaan karena performa tidak maksimal orang-orang yang terkasih didekat anda tentu akan terkena imbasnya.
b.      Bersyukurlah.
Syukuri pekerjaan anda sekarang syukuri semua yang dimiliki. Dengan bersyukur hatipun menjadi tenang.
c.       Pelihara rasa senang.
Apapun pekerjaannya jika dilakukan dengan senang hati pasti akan terasa ringan. Awalilah hari dengan hati bahagia. Terkena macet dijalan senyum saja. Gunakan waktu melakukan hal-hal menyenangkan. Begitu sampai dikantor sapa rekan-rekan dengan ramah.
d.      Pelihara ambisi.
Dalam bekerja tentukan ambisi anda. Buatlah target untuk hari ini, minggu ini dan bulan ini. Tuliskan dan tempelkan target jangka pendek ditempat yang terlihat sebagai pengingat.

1 komentar:

  1. mba mau tanya saya membutuhkan daun mangkokan,boleh minta alamat yang jual daun mangkokan ga,terimakasih

    BalasHapus